Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian mengenai manajemen SDM menurut para ahli. Sumber Daya Manusaia atau SDM ini menjadi bagian paling penting di sebuah perusahaan atau institusi untuk mencapai berbagai tujuan yang dimiliki sebuah perusahaan. Bahkan SDM bisa dikatakan sebagai penentu  sebuah keberhasilan dalam bisnis. Wajar jika belakangan ini banyak yang memperhatikan sumber daya manusia. Demi mendapatkan SDM yang unggul maka banyak yang menerapkannya dengan sistem manajemen. Manajemen Sumber Daya Manusia sering dikenal dengan MSDM. Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai pengertian dari manajemen sumber daya manusia menurut para ahli.

Beberapa ahli mempunyai pengertian Manajemen SDM tersendiri. MSDM menurut Melayu SP. Hasibuan menyebutkan bahwa MSDM adalah sebuah sistem untuk mengatur suatu hubungan dan peran kerja yang lebih efektif dan efisien sehingga bisa membantu terwujudnya tujuan dari sebuah perusahaan dengan lebih mudah dan cepat. Sedangkan MSDM menurut Achmad S. Rucky adalah penerapan secara efektif dan cepat dalam sebuah organisasi. Dengan memanfaatkan organisasi diharapkan bisa mewujudkan tujuan dari perusahaan.

MSDM menurut Mutiara S. Panggabean adalah sebuah proses dimana terdiri dari empat hal yakni perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan juga pimpinan dalam menjalankan berbagai kegiatan. Sedangkan MSDM menurut Anwar Prabu Mangkunegara tidak jauh berbeda yakni MSDM merupakan sebuah perencanaan, pelaksanaan, organisasi, dan pengawasan terhadap berbagai kegiatan.

Pengertian MSDM menurut ahli selanjutnya adalah menurut Handoko yang mana menyebutkan bahwa MSDM ini merupakan sebuah penarikan, pemeliharaan, seleksi, pengembangan, dan penggunaan sumber daya manusia. Pengertian terakhir menurut Rival yang mana menyebutkan MSDM merupakan berbagai segi dari perencanaan, pelaksanaan, organisasi, dan juga pengendalian. Masih ada banyak pengertian MSDM menurut para ahli lainnya. Itulah beberapa pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli. Pada intinya manajemen sumber daya manusia dijalankan untuk menciptakan SDM yang unggul sehingga lebih mudah mencapai tujuan dari sebuah perusahaan atau institusi. Penerapan manajemen tersebut bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal sesuai dengan posisi sumber dayq manusia tersebut ditempatkan.