7 Fakta Penyebab Masuk Angin Wajib Anda Ketahui

7 Fakta Penyebab Masuk Angin Wajib Anda Ketahui

Pasti anda sudah tahu betul mengenai masuk angin. Meskipun belum dianggap sebagai suatu penyakit berdasarkan literature kedokteran dan ilmu medis, ternyata istilah penyakit ini sudah booming di kalangan masyarakat. Tentu anda hanya akan anda menemukan istilah ini di Indonesia. Bahkan mereka akan paham dengan gejala atau tanda-tanda masuk angin, seperti perut kembung, mual, meriang, dan tubuh mengalami pegal-pegal. Setelah itu mereka akan meminta bantuan untuk dikeroki, balur minyak kayu putih pada beberapa bagian tubuh, dan mengonsumsi teh hangat supaya sembuh. Mereka percaya bahwa penyebab utama masuk angin adalah terkena angin malam atau kehujanan. Apakah itu benar? Yuk periksa 7 fakta penyebab masuk angin yang seharusnya anda ketahui.

  1. Angin

Banyak orang berpendapat bahwa hembusan angin yang mengenai tubuh seseorang menjadi penyebab masuk angin. Hembusan angin yang dimaksud dapat dari berbagai sisi, entah dari kipas angin, mengemudi sepeda motor, ataupun keluar rumah di malam hari. Ahli kesehatan secara pribadi telah menyatakan bahwa angin tidak memiliki pengaruh besar dalam timbulnya penyakit ini. Ibaratnya ketika seseorang menelan hembusan angin maka akan cenderung keluar kembali melalui kentut atau sendawa. Jadi angin tidak akan terserap ke dalam tubuh hingga menciptakan penyakit baru.

  1. Kurang Tidur

Apabila anda sering merasa kurang tidur sebaiknya berhat-hati. Sebab jika anda kurang tidur akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh akan berkurang dan mudah terserang beragam jenis penyakit, entah itu masuk angin atau yang lain.

  1. Kekebalan Tubuh Lemah

Daya tahan tubuh lemah menjadi penyebab utama masuk angin. Kondisi tubuh yang stres, lelah, dan faktor tubuh lainnya akan membuat kekebalan tubuh melemah. Akibatnya tubuh akan mudah terkena bakteri dan virus sehingga dapat menimbulkan kasus kesehatan lain seperti masuk angin, batuk, dan pilek. Dilansir dari sumber alodokter.com menyatakan bahwa konsumsilah vitami C, vitamin D, dan omega-3 sebagai nutrisi untuk menambahkan daya tahan tubuh seseorang.

  1. Terlalu Lama Dalam Ruangan Ber-AC

Banyak pegawai kantoran yang hampir seluruh kegiatannya berada di ruang ber-AC ditambah dengan duduk di depan laptop dalam waktu berjam-jam. Wah, ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini seiring dengan riset yang telah dipublikasi pada tahun 2004 dilakukan oleh International Journal Epidemiology menyebutkan bahwa kegiatan semacam itu akan menurunkan sistem imun. Alasannya adalah kondisi saluran pernafasan terganggu sehingga imune tubuh akan terancam. Salah satu masalah yang timbul adalah menderita masuk angin.

  1. Suhu Dingin

Perlu anda ingat bahwa pernyataan ‘angin dingin’ berbeda dengan ‘suhu dingin’. Sebuah fakta yang berasal dari doktersehat.com menyatakan bahwa suhu dingin mampu mengakibatkan kondisi tubuh menurun dengan cara pembuluh darah menjadi sempit. Tentunya ini akan berdampak pada peluang mengalami masuk angin pada seseorang yang tinggi.

  1. Telat Makan Dalam Waktu Cukup Lama

Apabila di kantor anda sedang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan ataupun ketika di sekolah banyak tugas yang harus dikerjakan maka sering kali kebanyakan orang akan mengabaikan waktu istirahat. Mereka cenderung akan termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya hingga selesai sebelum pergi untuk makan atau istirahat. Akibatnya tubuh akan dipaksa untuk terus beraktivitas tanpa tambahan energi dari makanan. Maka tidak heran ketika tubuh memerlukan energi namun tidak tersedia dalam tubuh sehingga ruangan kosong akan terisi oleh angin. Jumlah angin yang berlebihan akan mengganggu metabolisme tubuh. Khususnya pada peredaran darah.

  1. Penyempitan Pembuluh Darah

Kondisi ini akan terjadi ketika seseorang berada di lingkungan yang cukup dingin. Penyempitan pembuluh darah ini akan berperan dalam menjaga agar tidak melakukakan pengeluaran kalori yang banyak dari tubuh dan suhu drastis menurun (hipotemia). Dampak negatifnya, aliran darah akan terhambat dan mengganggu metabolisme tubuh.

Itulah beberapa penyebab masuk angin yang wajib anda ketahui. Anda sebaiknya juga mengerti mengenai penyebab lain seperti kehujanan ketika kekebalan tubuh lemah, stres, tidak senang berolahraga, dan sering pergi ketika malah hari. Dengan kita mengetahui informasi ini akan membantu untuk pencegahan agar terhindar dari masalah penyakit ini.